Indonesia punya keunikan yang membedakan dengan Negara-negara lainya. Indonesia kaya akan suku, budaya, adat istiadat, bahasa dan juga Indonesia terkenal dengan kekayaan kulinernya yang unik dan beragam. Sejak dulu Indonesia sudah terkenal dengan Jutaan makanan dengan cita rasa yang khas dan juga dengan harga yang terjangkau. Tahukah kamu ternyata gak cuma eksis di Indonesia aja beberapa makanan ini juga eksis diluar negeri dengan harga yang mahal. Kita dapat dengan mudah mencari makanan khas Indonesia dengan harga terjangkau namun siapa sangka jika di luar negeri harga makanan ini cukup merogoh kocek lumayan tinggi loh. Penasaran makanan apa aja yang memiliki harga malah diluar negeri ? Berikut kami rangkum dari berbagai sumber :

Rendang


Makanan yang merupakan ciri khas dari daerah asal Padang, Sumatra ini ternyata diakui dunia Internasional sebagai makanan makanan terenak dunia nomor 1 di beberapa halaman situs populer. Umumnya rendang terbuat dari bahan daging sapi, namun dapat juga di gunakan daging lain seperti kambing, ayam, dan banyak lainnya. Cara pembuatan rendangpun terbilang sulit di karenakan proses pembuatannya yang membutuhkan waktu lama, dimana daging ini harus di masak hingga kering, sehingga bumbu dapat menyerap ke dalam daging dan membuat lembut daging rendang. Kelembutan dan bumbu inilah yang memberikan rasa enak tersebut.

Bakso


Bakso adalah makanan paling populer di Indonesia karena rasa yang sangat nikmat saat disantap. Makanan yang terbuat dari olahan daging sapi ini pada umumnya sangat mudah didapat di mana pun dan kapan pun saat kita ingin mencari Bakso. Karena begitu banyak penjual bakso di Indonesia ini, dari mulai Restoran mahal, pedagang kaki lima, sampai bakso yang dijual digerobak keliling dengan harta terjangkau dari mulai Rp 10.000 sampai Rp 20.000 Permangkuk. Beda kasusnya bakso di luar negeri, Disana sangat sulit menemukan bakso, seperti di Singapura harga semangkuk bakso disana di jual dengan harga SGD 5 atau sekitar Rp 50.000 permangkuk.

Sate Ayam


Sate ayam merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia. Sate juga adalah salah satu makanan terpoler di dunia. Salah satu Negara yang sangat gemar menikmati sate yaitu Jerman. Warga Jerman sangat gemar dengan kuliner yang satu ini. Namun yang membedakan sate di Indonesia biasa dijual seporsi sekitar Rp 20.000 perporsi dan di Jerman di bandrol dengan harga 10 Euro atau sekitar Rp 150.000 perporsi. Dengan beragam rasa sate yang berbeda beda ternyata sanggup menarik perhatian para turis. Sate ini juga salah satu penganan yang tidak pernah terlewatkan bagi turis saat berkunjung ke Indonesia.

Tempe


Siapa sangka makanan khas olahan asli Indonesia yang sangat mudah ditemui dan murah harganya ini bisa menjadi mahal ketika dijual di luar negeri. Jika di Indonesia makanan yang terbuat dari hasil fermentasi kedelai ini biasa dipatok dengan harga Rp 2.000/potong, maka lain halnya jika kamu kebetulan sedang jalan-jalan ke Eropa. Harga tempe di sana bisa mencapai 1,8 Euro atau setara dengan Rp 25.000/potong kecilnya. Mereka rela membayar lebih untuk sepotong kecil olahan fermentasi kacang kedelai ini. So, minat untuk mencoba peluang bisnis tempe di sana ? Sngat menjanjikan loh berbisnis tempe disana :D

Nasi Goreng


Makanan Indonesia yang populer di dunia lainnya adalah nasi goreng. Gaungnya memang sudah lama terdengar hingga ujung dunia. Rasa manis kecap yang dihasilkan makanan wajib orang Indonesia ini mungkin menjadi penyebab mengapa nasi goreng masih dapat diterima baik oleh lidah orang luar negeri. Hidangan ini sangat mudah ditemukan di Indonesia dari mulai restoran mahal sampai pedagang kaki lima yang dijual dengan harga terjangkau dari mulai Rp 10.000 sampai Rp 25.000. Namun beda halnya dengan Nasi goreng yang di jual di Amerika Serikat bisa mencapai harga USD 10 atau sekitar Rp 110.000 perporsi lho.

Soto


Makanan tradisional sup dengan kuah kental atau beningnya ini sangat terkenal ternyata sebagai makanan santapan siang hari di luar negeri. Makanan berkuah dengan irisan daging ayam, telur, irisan kentang goreng, serta daun seledri dan bawang goreng sebagai pelengkap menjadikan soto ini menjadi nikmat disantap. Di Indonesia ini soto dijual dengan harga cukup murah yaitu sekitar Rp 12.000 sampai 15.000. Namun beda di Belanda dan Jerman karena disana harga seporsi soto ayam bisa melonjak hingga mencapai 12 Euro atau sekitar Rp 180.000 perporsi.

Pecel Lele


Ternyata Pecel lele sangat sukses jadi primadona di Swiss. Masyarakat Swiss sangat antusia dengan pecel lele ini yang dihidangkan dengan sambal yang nikmat. Jika kita di Indonesia pecel lele dipatok dengan harga sekitar Rp 10.000 seporsi di Swiis satu porsi pecel lele dibandrol dengan harga 15 Euro atau kurang lebih Rp 225.000 perporsi

Sumber : Berbagai sumber


Kuliner