Setiap pemimpin dalam sebuah organisasi pasti akan selalu dihadapkan oleh berbagai tantangan. Tantangan ini biasanya berbeda-beda, tergantung pada budaya yang dianut masing-masing generasi di dalamnya—tak terkecuali generasi milenial yang saat ini sedang mendominasi dunia kerja.

Generasi milenial dikenal sebagai generasi yang tumbuh di era perkembangan teknologi dan informasi. Hal ini kemudian menjadikan karakter mereka berbeda dengan generasi-generasi terdahulu. Para pemimpin pun mau tak mau dituntut untuk menyesuaikan gaya kepemimpinannya dalam mengelola generasi milenial di bawahnya.

Nah, kira-kira seperti apa sih tipe pemimpin yang disukai oleh generasi milenial? Berikut lima di antaranya:

1. Tech Savvy

Pemimpin yang tech savvy alias melek teknologi akan disukai oleh generasi milenial, karena mampu berkomunikasi dan bertukar informasi dengan cara yang mereka sukai, yakni memanfaatkan teknologi. Pemimpin ini dapat dengan mudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan anggota timnya. Ia pun lebih mudah dijangkau kapan dan di manapun ia berada.

2. Terbuka

Transparansi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam dunia kerja. Dengan adanya keterbukaan, maka seluruh karyawan bisa saling berkolaborasi dalam memajukan perusahaan. Pemimpin yang transparan mau berbagi permasalahan yang dihadapi perusahaan, sehingga memungkinan karyawannya untuk ikut memberikan solusi. Sebaliknya, ia pun terbiasa memberikan feedback kepada para karyawan, sehingga karyawan dapat mengevaluasi diri dan memperbaiki kinerjanya.

3. Menerima perbedaan

Dalam sebuah lingkungan kerja, seorang pemimpin pasti akan dipertemukan dengan karyawan yang berasal dari berbagai latar belakang—mulai dari latar belakang pendidikan dan pekerjaan, hingga menyangkut suku, ras, agama, dan sebagainya. Idealnya, ia harus mampu menciptakan tim kerja yang solid, terlepas dari perbedaan yang ada. Ia juga harus bersikap obyektif serta tidak memelihara budaya senioritas. Nah, tipe pemimpin seperti ini diharapkan oleh generasi milenial.

4. Kolaboratif

Generasi milenial cenderung lebih suka bekerja sama dalam tim daripada secara individual. Oleh karena itu, mereka membutuhkan sosok pemimpin yang dapat menjadi penghubung antarkaryawan. Pemimpin ini juga sebaiknya tahu cara terbaik dalam mengarahkan mereka. Kolaborasi tim memiliki peran penting dalam meraih tujuan dan target perusahaan.

5. Visioner

Bekerja di perusahaan yang memiliki visi dan misi yang jelas merupakan salah satu hal yang diharapkan oleh para karyawan generasi milenial. Itu artinya, sosok pemimpin di dalamnya juga harus merupakan seseorang yang visioner. Hal ini akan memudahkan generasi milenial untuk bekerja secara fokus dan lebih terarah dalam mengejar target yang diharapkan perusahaan.

Nah, sekarang Anda tahu tipe-tipe pemimpin seperti apa yang disukai oleh generasi milenial. Sebagai pemimpin atau manajer di perusahaan, Anda juga bisa membaca review yang dibagikan oleh karyawan Anda. Dari situ, Anda bisa mengetahui apa yang mereka harapkan dari manajemen di perusahaan. Sebagai pemimpin, Anda pun jadi bisa menyesuaikan gaya kepemimpinan Anda dengan karakter karyawan milenial.