Ada banyak alasan yang membuat karyawan meninggalkan perusahaan. Umumnya, mendapat tawaran yang lebih baik serta keinginan untuk meningkatkan karier merupakan latar belakang seseorang mundur dari perusahaan.

Akan tetapi, tidak hanya faktor eksternal yang dapat memengaruhi kenyamanan karyawan dalam bekerja. Faktor internal pun bisa menjadi alasan mereka ingin meninggalkan perusahaan.

Nah, jika Anda sudah merasakan lima hal yang dipaparkan di laman Jobplanet, bersiaplah untuk mencari pekerjaan baru.

1. Bos galak dan tak menghargai karyawan

Siapa yang betah punya bos yang sering marah-marah dan tak menghargai karyawannya? Tipe bos seperti ini memang tidak jarang ditemui karena biasanya ketika seseorang memiliki posisi penting, mereka merasa mempunyai otoritas untuk melakukan segala hal.

Akan tetapi, keputusan Anda untuk resign dengan alasan ini harus dipikirkan matang-matang. Anda baru dapat memutuskan untuk mencari pekerjaan baru jika karakter atasan Anda ini telah mengganggu kinerja dan perkembangan karier Anda.

2. Tidak ada kesempatan untuk berkembang

Setiap karyawan pasti ingin berkembang dan ingin memiliki pengaruh di perusahaan. Namun, terkadang ada karyawan yang tidak diberikan kesempatan untuk melakukan hal tersebut. Mereka dibatasi untuk belajar hal-hal baru, serta tidak dipercaya untuk memegang tanggung jawab lebih.

Nah, jika Anda merasa sulit untuk berkembang di perusahaan tempat Anda bekerja, bersiaplah untuk mencari kesempatan di perusahaan lain. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk bertahan lama di suatu perusahaan jika dukungan karier tidak Anda dapatkan di sana.

3. Adanya politik kantor

Politik kantor akan menyulitkan seseorang untuk mengembangkan karier. Sayangnya, politik kantor banyak ditemui di perusahaan-perusahaan besar sehingga pada akhirnya membatasi kesempatan karier para karyawan. Nah, daripada ikut terjun ke dalamnya, akan lebih baik jika Anda mencari pekerjaan baru saja.

Memang sulit untuk mencari perusahaan yang bersih dari politik kantor, tapi Anda tak perlu khawatir. Anda bisa mencari informasi tentang perusahaan-perusahaan yang menawarkan lingkungan kerja yang kondusif di situs Jobplanet.

4. Kurang mendapat pengakuan

Selain gaji, pengakuan akan prestasi yang berupa pujian atau penghargaan lainnya juga dapat memengaruhi kinerja karyawan. Tidak adanya apresiasi perusahaan terhadap karyawan dapat menimbulkan demotivasi di kalangan karyawan. Tentunya Anda enggan bekerja banting tulang tanpa adanya apresiasi dari perusahaan, kan?

5. Perusahaan sedang terpuruk

Siapa yang mau bekerja di perusahaan yang akan bangkrut karena menunggak pajak negara? Ketika mendengar kabar bahwa bisnis perusahaan sedang terpuruk, umumnya para karyawan secara otomatis akan mulai menyebarkan CV mereka ke perusahaan-perusahaan lain.

Oleh karena itu, Anda harus cerdik dalam menilai bagaimana keadaan perusahaan beberapa tahun ke depan, untuk kemudian bisa memutuskan apakah Anda harus bertahan atau meninggalkan perusahaan.

Sumber : Berbagai sumber


tips lowongan kerja