Selain bepergian ke tempat wisata, para traveller biasanya sekalian menjelajah wisata kuliner di tempat tersebut. Nah, bagi kamu yang hendak ke Semarang, sepertinya kurang asyik kalau kamu hanya makan di restoran saja. Agar benar-benar mengenal kota Semarang sampai ke akarnya, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas kaki lima yang hits di Semarang ini, ya!

1.

Babat Gongso

Apakah kamu pecinta jeroan? Wajib banget deh cobain babat gongso ini. Di sini tak hanya ada babat, namun ada jeroan-jeroan lainnya yang dimasak dengan bumbu kecap mirip dengan sate. Jeroannya empuk dan rasanya gurih. Paling asyik, harganya sangat terjangkau mulai dari 10,000 rupiah per porsinya.

2.

Nasi Gandul

Bagi kamu yang suka hidangan berkuah dan mencari kehangatan di malam hari, maka bisa makan nasi gandul ini. Isinya adalah daging sapi sekaligus jeroan ditambah dengan kuah. Tambahkan jeruk nipis ataupun sambal untuk menambah rasa.

3.

Tahu Gimbal

Model sajiannya mirip sekali dengan gado-gado. Sedangkan arti gimbal sendiri adalah udang, jadi yang membuat hidangan ini berbeda adalah udangnya. Namun tenang saja, meskipun ada udang, harganya sangat terjangkau kok, sekitar 15,000 rupiah saja per porsinya.

4.

Asem-asem

Rasanya pedas, asam dan gurih, membuat asem-asem pun terkenal di Semarang. Salah satu tempat terkenal untuk makan asem-asem adalah Koh Liem dengan harga satu porsinya hanya 25,000 rupiah saja. Kenyang dan nagih banget!


5.

Lekker Paimo

Bosan dengan rasa lekker manis? Di lekker Paimo ini kamu bisa order lekker asin yang isinya telur, daging, dan lain sebagainya. Letaknya di depan sekolah Kolose Loyola.

6.

Nasi Kucing Pak Gik

Kalau kamu tidak mau makan banyak di malam hari, maka tempat ini cocok untukmu. Buka dari jam 12 malam, menu nasi kucing di sini sangat beragam ditambah aneka lauk lain sebagai pendamping mulai dari tempe mendoan hingga sate bakso. Harganya juga murah, mulai dari 5,000 rupiah saja lho!

7.

Soto Bangkong Semarang

Bangkong adalah nama jalan dari tempat soto ayam yang sudah ada sejak 1950an ini. Rasa soto ayamnya benar-benar sedap dan menghangatkan hati. Apalagi harganya sangat terjangkau, hanya sekitar 10,000 rupiah saja per porsinya.

8.

Pisang Plenet

Camilan pisang dalam aneka bentuk memang semuanya enak. Uniknya pisang plenet dibakar seperti sate. Plenet sendiri memiliki arti penyet, jadi akan ditekan sampai datar sebelum ditaburi topping sebagai pemanis.


9.

Es Puter Cong Lik

Siang-siang memang paling enak makan es. Kalau kamu cari es yang khas, maka es conglik ini cocok sebagai teman musim panasmu di Semarang. Terdapat lebih dari 10 varian, kamu bisa memesan es ini mulai dari 10,000 rupiah.

10.

Angkringan Gaul Ampiran 3

Anak-anak muda banyak sekali yang nongkrong di angkringan satu ini. Meskipupn tempatnya tidak mewah, warung nasi kucing ini menyediakan Wi-Fi sekaligus ada live musik di malam hari. Nongkrong jadi seru di sini!

11.

Lumpia Gang Lombok

Jika lumpia biasa disajikan hanya dengan bengkoang atau sayur mayur saja, berbeda dengan lumpia khas semarang ini. Lumpianya menggunakan potongan ebi atau udang kecil sehingga rasanya makin gurih. Siap-siap ngantri panjang untuk membeli lumpia seharga lebih kurang 10,000 rupiah ini ya!

Kuliner khas kaki lima Semarang seru-seru untuk dicoba bukan? Jangan lupa mampir ya kalau kamu ke Semarang nanti!


Kuliner